Monday 1 December 2014

Tips Juara Nyaman dalam Perjalanan dengan Bus Malam

Tak lama lagi akhir tahun datang, dan pastinya banyak liburan dong di akhir tahun :D. Atau  Anda semua pengen pulang kampung? Boleh boleh boleh....asal diijinin sama boss :D.
Banyak alternatif transportasi untuk menuju tempat liburan atau kampung tujuan. Salah satunya adalah bus malam. Kalo pulang kampung, tentunya sudah sering dan sudah hafal atau bahkan sudah langganan dengan bus tertentu, tapi terkadang di musim liburan tiket cepat ludes diserbu dan Anda perlu untuk mencari armada bus yang lain. Nah, bagi Anda yang ingin berlibur, bepergian atau pulang kampung menggunakan bus malam, berikut tips juaranya...
1. Cari info bus
Perbanyaklah info bus sesuai dengan tujuan Anda. Dengan memiliki banyak informasi, Anda bisa memiliki banyak alternatif. Ga cocok dengan bus yang satu, Anda bisa mencoba dengan bus yang lain. Termasuk, Anda bisa memilih bus mana yang dapat menurunkan Anda di tempat terdekat dengan tujuan Anda. Carilah info mengenai harga tiket, armada busnya, fasilitas yang ditawarkan dan bagaimana sopir-sopir armada tersebut mengendarai busnya. Karena tak jarang, armada bus yang digunakan sudah tua, atau sopir-sopirnya mengendarai dengan ugal-ugalan.

2. Rute bis
Ada baiknya Anda mengetahui rute yang dilalui oleh bus. Apalagi jika Anda harus turun di tempat yang bukan tempat terakhir bus tersebut berhenti. Anda perlu sedikit menghafal dimana Anda harus turun, dan komunikasikan dengan kondektur bus malam.

3. Siapkan perbekalan
Tak jarang bus malam berhenti untuk makan malam pada jam yang cukup larut malam untuk hitungan jam makan malam. Akibatnya Anda mungkin sudah merasa lapar terlebih dahulu, atau ketika bus berhenti untuk makan malam, Anda sudah terlelap tidur dan malas untuk keluar makan. Untuk itu, siapkanlah perbekalan makan dan minum secukupnya agar tak kelaparan dan tak masuk angin :D

4. Baju hangat atau jaket
Perjalanan malam dengan bus malam seringkali Anda akan menggigil kedinginan karena AC dan udara di luar yang juga dingin. Kendati di bus sudah disediakan selimut, tapi sudah bisa dipastikan selimut ini tak akan cukup menutupi ujung kaki Anda sampai dengan badan Anda. Maka siapkanlah perlengkapan yang akan membuat Anda nyaman untuk tidur di dinginnya bus malam. Kaos kaki, jaket, baju hangat atau sweater bisa Anda pilih.

5. barang bawaan
Pastikan barang bawaan Anda, khususnya barang-barang yang berharga senantiasa dalam pengawasan Anda. Meskipun di atas kursi biasanya ada tempat untuk menaruh tas, tapi kalau dirasa isi tas Anda adalah barang-barang berharga dan penting, Anda bisa menyimpan tas Anda di depan kaki Anda agar selalu terawasi. Dan satu lagi, jika Anda menaruh barang di bagasi bus, pastikan ketika turun Anda mengambilnya :D

6. Posisi tempat duduk
Ketika hendak membeli tiket dan memilih posisi tempat duduk, carilah tempat duduk yang nyaman. Jika Anda memilih duduk di barisan pertama, mungkin Anda akan sering terkena sorot lampu kendaraan yang berlawanan arah dengan bus Anda. Bisa-bisa Anda ga bisa tidur. Satu hal lain, jangan pilih tempat duduk di dekat toilet. Selain Anda kemungkinan akan terganggu karena hilir mudik orang ke toilet, "aroma" toilet bisa jadi membuat Anda tidak nyaman.

7. Apa yang Anda akan lakukan di bus
Hal terakhir yang perlu Anda siapkan adalah, perlengkapan yang dapat membantu Anda tetap beraktifitas di atas bus. Tak jarang orang sekedar mengisi waktu dengan mendengarkan musik seleranya, maka siapkan headset, karena terkadang musik di dalam bus tak selalu sesuai dengan selera Anda. Atau Anda yang ingin online dan ber-sosmed, barangkali Anda membutuhkan power bank di samping Anda.

Itulah kira-kira juara tips untuk Anda agar perjalanan Anda dengan bus malam tetap nyaman. Semoga selamat sampai tujuan :D

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment