Wednesday 3 December 2014

Tips Juara Menghadapi Anak Yang Bertengkar

JuaraTips - Dunia anak - anak adalah dunia bermain. Tapi di dalam permainan itu, tak jarang anak - anak yang masih memiliki ego tinggi tersebut bertengkar dengan teman mainnya, dengan adik atau kakaknya.
Sebagai orang tua, tentunya kita perlu memiliki bekal dalam menghadapi anak yang bertengkar, khususnya adik - kakak yang bertengkar. Inilah beberapa tips juara dari juara tips.

1. Biarkan mereka menyelesaikan masalahnya sendiri
Anak - anak yang bertengkar tak perlu untuk segera dilerai. Terkadang bertengkarnya mereka mampu menjadikan mereka teguh pada pendirian yang benar. Disamping itu, biarkan anak - anak belajar menyelesaikan masalah mereka sendiri.

2. Mengambil tindakan
Ketika anak - anak bertengkar dan mulai menggunakan benda dan mainan untuk memukul dan melempar, kita perlu mengambil tindakan untuk melerai. Segera amankan benda - benda yang mereka pegang, kemudian ajaklah mereka berbicara dengan baik. Sampaikan bahwa apa yang telah mereka lakukan, dapat saling menyakiti satu sama lain.

3. Cari dulu kesalahannya
Agar tak mengulangi kesalahan yang sama, perlu rasanya kita membantu mereka mencari tahu kesalahan yang telah terjadi. Kita perlu mendengar dari mereka penjelasan mereka. Setelah itu, sampaikan kepada mereka, kesalahan apa yang telah mereka perbuat. Kemudian damaikan, bersalaman dan meminta maaf.

4. Bersikap adil
Mencobalah bersikap seadil dan senetral mungkin.

5. Membantu menemukan solusi
Bantulah mereka menemukan solusi dari permasalahan dan pertengkaran yang mereka buat. Ajarkan kepada mereka mengambil keputusan dari solusi-solusi yang sudah ada. Biarkan mereka sendiri menentukan keputusan. Setelah itu, bantu mereka melakukan solusi yang sudah disepakati.

6. Penghargaan jika tak bertengkar
Jika mereka sedang tak bertengkar, jangan ragu untuk memberikan penghargaan kepada mereka. Melontarkan pujian atau sekedar memberikan jajan kepada mereka ketika mereka tak bertengkar. Dengan cara ini, diharapkan anak termotivasi untuk selalu akur. Sampaikan kepada mereka juga, bahwa mereka akan mendapatkan banyak teman jika tak mudah bertengkar.

Itulah tips juara menghadapi anak yang bertengkar dari juara tips. Selamat mencoba!!!
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment